Template by:
Free Blog Templates

Senin, 24 Mei 2010

Persiapan Manggung

Lakukan Cek Sound Sebelum Manggung

Kalo loe anak band pasti sudah pada sering dengar kata cek sound. Nah…apa itu cek sound ? apa-apa aja yang dikerjakan dalam cek sound ? de el el. Mungkin sebagian dari loe2 sudah pada ngerti. Buat yang belum ngerti semoga info ini bisa jadi informasi yang berguna buat loe semua yang suka musik dan anak band terutama. OK ? Langsung aja …
Apa itu Cek Sound?
Cek sound adalah kegiatan pemeriksaan semua yang berhubungan dengan sound (suara) untuk sebuah pertunjukan/konser. Kegiatan ini dilakukan sebelum pertunjukan/konser dimulai. Dengan cek sound akan diketahui kelebihan atau kekurangan sound, untuk kemudian bisa diramu agar bisa menghasilkan sound yang baik/lebih optimal dalam pertunjukan nantinya (manteb gak gaya bahasa gue?).
Apa aja yang dilakukan dalam Cek Sound?
Setelah panggung pertunjukan berdiri, langkah awal yang dikerjakan adalah loading peralatan. Mixer-mixer, kabel-kabel, alat-alat musik, efek-efek, dll dipasang dan di-set sebagaimana mestinya. Setelah itu, penyusunan channel-channel. Di sini, dicari yang mana channel-channel untuk drum, gitar, vokal, de el el. Untuk kemudian dikirim satu persatu melalui kabel ke mixer monitor dan mixer FOH (depan panggung). Setelah itu diatur oleh soundman. Penting untuk menandai tiap channel, supaya nggak tertukar karena dalam sebuah panggung terdiri dari puluhan chanel (sendal aja kalo ketuker, jadi kiri semua berabe, kan?).
Selanjutnya, pengaturan sound. Semua instrument musik, dari drum, bass, gitar, sampai vocal, diatur bunyinya sampai kedengeran enak. Kemudian setelah itu dikirim ke speaker-speaker monitor dan speaker-speaker FOH (Depan). Proses ini dijalankan hingga semua suara terdengar jelas, rapi dan baik budi pekertinya, hehehe…
Bukan cuma sound aja yang diatur. Penataan lighting (lampu) juga penting tentunya dan ini sangat berlaku untuk artis . Maksudnya untuk menyesuaikan lampu-lampu apa aja yang dibutuhkan untuk kepentingan emosi lagu dan konsep-konsep panggung. Ketika cek sound dilakukan, bisa juga dimanfaatkan sebagai ajang latihan menjelang pertunjukan. Bisa dicoba lagu demi lagu beserta dengan konsepnya. Saat itu, tata lampu, kamera-kamera untuk visual, mesti diatur sebaik mungkin. Tentunya, untuk mencapai hasil maksimal saat pertunjukan nanti. Dan satu yang pasti, aturan-aturan soal sound ini lebih gampang dilakuin ketimbang ngatur personel band lo sendiri. Soalnya mereka semua gak bakal bisa ngebantah coy, hehehe!
Kendala Dalam Cek Sound
Ada banyak kendala yang ditemui dalam Cek Sound. Keterbatasan waktu adalah hal yang paling sering terjadi. Ngga ada bisa panjang atau pendek. Apalagi sebuah konser dengan pengisi acara yang sangat banyak. Tentunya waktu yang disediakan untuk satu pengisi acara sangat minim.
Tim Panggung
Untuk sebuah band dibutuhkan tim panggung yang baik. Terdiri dari stage manager, crew-crew atau teknisi, dan soundman. Orang-orang ini wajib tau mengenai teknis-teknis alat-alat musik dan cara melakukan Cek Sound yang baik. Bahkan, tim ini harus sanggup melakukan cek sound tanpa menyertakkan personil-personil bandnya karena jadwal yang mepet seringkali membuat personil band ngga bisa melakukan cek sound.
Nah…apa loe sekarang udah pada bisa Cek Sound ? Selamat mencoba tips ini [edwin coklat]

0 komentar:

Posting Komentar